Politik Uang Jadi Ancaman Serius Jelang Pilkada Serentak 2017

Gelaran pemilihan umum (pemilu) kerap dicederai tindakan tidak bertanggung jawab, seperti praktik politik uang. Hal itulah yang membuat masyarakat tak mendapatkan pendidikan politik secara benar.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia menegaskan akan menindak tegas pelaku dan penerima politik uang di Pilkada Serentak 2017. Langkah itu dilakukan untuk mengurangi kecurangan yang kerap terjadi.

Menjelang Pemilu Serentak 2017, salah satu pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia, Nasrullah, menyatakan kerawanan yang tertinggi adalah adanya transaksi rupiah dalam proses pemilu.

Bawaslu meminta masyarakat dan siapa pun untuk berperan aktif dalam mewujudkan demokratisasi di Indonesia. Jika saat proses dan pelaksanaan Pemilu ditemukan kecurangan, maka masyarakat harus segera melaporkan.

Nasrullah sangat mengkhawatirkan hal ini karena ‘mahar politik’ pada saat Pilgub merupakan potensi besar kecurangan yang dapat dilakukan oleh siapapun. Nasrullah juga mengharapkan agar media membantu Bawaslu dalam pendistribusian informasi terkait Pilgub agar bisa dicegah sedini mungkin. Para kandidat yang bertarung seharusnya mampu menciptakan iklim kompetisi yang positif dan masyarakat jangan selalu diajarkan politik praktis seperti itu karena ini merupakan cara pembodohan dan tidak manusiawi.

Bawaslu akan terus melakukan sosialisasi tentang bahaya praktik politik uang dan mengingatkan akan ada sanksi tegas kepada pelaku dan penerima transaksi tersebut. Akan tetapi jika mahar politik ini tetap dilakukan maka akan dikenanakan sanksi, seperti diberlakukannya diskualifikasi dan pidana.

sumber: Okezone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s